Corat coret Aja

 
Coretan Ummi
Jejak Sahabat
Jumlah Pengunjung
Mesothelioma
Mesothelioma
Waktu Jakarta
Tetangga
Mitos-Mitos Tentang Makanan
Tuesday, December 30, 2008
1. Lemak itu Jahat.
2. Karbohidrat tidak baik untuk anda.
3. Bahan tambahan pangan berbahaya untuk kesehatan.
4. Jangan makan setelah jam 6 sore.
5. Semua pangan yang dikemas ditambahkan pengawet.


1. Lemak itu Jahat. Kenyataannya, lemak kita butuhkan sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K. Tanpa lemak, vitamin-vitamin tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh kita. Sebagian lemak memang tidak sehat, tetapi sebagian lagi baik, bahkan penting untuk kesehatan. Inilah yang disebut sebagai asam lemak esensial, yaitu asam-asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sehingga perlu didatangkan dari luar.
2. Karbohidrat tidak baik untuk anda. Pertama lemak, kemudian sekarang yang menjadi tertuduh adalah karbohidrat. Seperti lemak, sebagian karbohidrat memang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Contohnya adalah karbohidrat sederhana (rantai pendek) seperti gula yang meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. Tetapi karbohidrat kompleks yang dikenal dengan oligosakarida dan polisakarida merupakan sumber vitamin dan sertat yang membantu pencernaan. Contoh karbohidrat kompleks adalah sayuran dan whole grains (gandum, beras pecah kulit)
3. Bahan tambahan pangan berbahaya untuk kesehatan. Pernah melihat iklan minyak goreng yang mengklaim sebagai “minyak goring bebas pengawet?” Menurut saya, ini adalah pembohongan public. Minyak goring yang tidak ditambahkan antioksidan akan lebih mudah tengik sehingga mutunya menurun. Antioksidan adalah salah satu contoh bahan tambahan pangan yang justru memperbaiki mutu pangan. Memang ada pula bahan tambahan pangan yang hanya memperbaiki struktur fisik pangan tetapi tidak berguna atau bahkan berbahaya bagi tubuh jika ditambahkan melebihi ambang batas yang diizinkan seperti MSG, asam benzoat, aspartam, dan siklamat. (saya akan coba susun tulisan tentang BTP ini, nanti)
4. Jangan makan setelah jam 6 sore. Menurut Shari Liberman, Ph.D. (pengarang Dare to Lose), “Ini bukan tentang jam berapa Anda makan, tetapi apa yang Anda makan. Di Eropa, mereka makan pada pukul 10 malam dan ukuran mereka setengah dari ukuran orang Amerika.”
5. Semua pangan yang dikemas ditambahkan pengawet. Kita sering mendengar statement bahwa kita harus mengurangi asupan pangan olahan dan lebih banyak mengkonsumsi pangan segar. Pendapat ini benar. Yang tidak benar adalah adanya pendapat bahwa semua pangan olahan mengandung pengawet.

Labels:

posted by ummina daffawwaz @ 7:12 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: ummina daffawwaz
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by

Blogger Templates

BLOGGER